Jumat, 17 Desember 2010

Defini Manusia Menurut Para Ahli


Rd. Zaky Miftahul Fasa

1. Ibnu Miskawih 
Ibn Miskawaih memandang manusia adalah makhluk yang memiliki keistimewaan karena dalam kenyataannya manusia memiliki daya pikir dan manusia juga sebagai mahkluk yang memiliki macam-macam daya. Menurut dalam diri manusia ada tiga daya yaitu, Daya bernafsu (an-nafs al-bahimiyyat) sebagai daya terendah, Daya berani (an-nafs as-sabu’iyyat) sebagai daya pertengahan, Daya berpikir (an-nafs an-nathiqat ) sebagai daya tertinggi.
2. Nicolas Wade
Spesies yang dapat tetap eksis dan berkembang sampai sekarang. Keberhasilan mereka disebabkan oleh daya intelektualnya yang tinggi, tetapi mereka juga mempunyai kekurangan fisik. Manusia cenderung menderita obesitas lebih..

3. Darwin 
Menurut Darwin manusia adalah hasil paling maju dari mekanisme “evolusi melalui seleksi alam”.

4. Tim Stearns (ahli biologi) 
sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi

5. Aristoteles, 
Aristoteles mengedepankan definisinya pada aspek social, dalam berinteraksi satu sama lainnya, manusia memiliki hasrat alami dan kapasitas untuk mengetahui dan memahami kebenaran, untuk mengejar keunggulan moral, dan untuk mencapai cita-cita mereka di dunia melalui tindakan.

6. Kenneth Burke : 
Kenneth Burke, mengedepankan aspek bahasa pada definisi manusia, dalam teorinya menyebutkan bahwa manusia adalah makhluk hidup yang dapat memberikan arti simbolis dalam bahasa komunikasinya, sehingga dapat memberikan arti yang berbeda-beda dalam mengolahnya ketika mendapatkan informasi, hal ini disebabkan karena pola pikir dan cara pandang hidup seseorang berbeda-beda.
Sumber (Berbagai Referensi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar